Follow Us

Ternyata Begini Trik Penipuan Online Lewat E-Cash, Sepele Kok

None - Jumat, 15 Juni 2018 | 12:49
ilustrasi belanja online
awamofpakistan

ilustrasi belanja online

Nextren.com- Bagi Anda yang kerap melakukan transaksi online, mesti ekstra hati-hati terhadap modus penipuan.Tipu Online alias Tipon terus berkembang.Salah satunya dengan menggunakan layanan E-Cash atau uang elektronik.Penipuan ini cukup sering ditemukan pengguna situs jual beli.Salah seorang pengguna situs jual beli, Nur Intan mengaku hampir menjadi korban Tipon.

(BACA : Mau Nge-Game sambil Video Chat sama Lawanmu? Pakai Aplikasi Ini )"Ada calon pembeli tapi katanya cuma bisa membayar lewat layanan e-cash. Alasannya rekening bank-nya sedang bermasalah," jelas Intan kepada GridOto, Minggu (23/2).Namun ada keanehan ketika transaksi akan dilakukan.Penjual berusia 32 tahun ini sadar, ada yang tak beres dengan proses pembelian ini."Dia bilang cara penarikan dana e-cash ke rekening saya lewat ATM, ada menu Top Up. Setahu saya, top up artinya mengisi saldo," ujar Intan.

(BACA : Beli Barang Kini Bisa Langsung Bayar Via Instagram, Begini Caranya )

Beruntung ia langsung memutuskan hubungan dengan calon penipu.Beberapa situs jual beli juga telah memberikan info mengenai modus Penipuan Online.Misalnya OLX, yang membagi 3 kategori Penipuan Online melalui media layanan e-cash.Pertama, melakukan pembayaran melalui E-Cash.

(BACA : 3 Trik Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan dan Centang Biru )Setelah menanyakan barang dijual, pelaku cenderung menolak melakukan pembayaran melalui bank lain di luar bank penerbit e-cash tersebut.Pelaku bersikeras dan mengeluarkan beragam alasan untuk menggunakan e-cash untuk membayar biaya barang yang dijual oleh korban.Kedua, mengirimkan tahapan penarikan dana.Ketika melakukan pembayaran secara transfer.

(BACA : Nonton Piala Dunia 2018 Live Streaming via 4G LTE Mulai Rp 49 Ribu )

Pastinya Anda akan mengirimkan nomor rekening bank, beserta nama lengkap kepada calon pembeli.Dalam kasus penipuan melalui e-cash, nomor rekening dan nama lengkap akan digunakan untuk membuat bukti transfer fiktif. Contohnya seperti foto di bawah ini.

contoh penipuan va e-cash
gridoto

contoh penipuan va e-cash

Pelaku akan mengirimkan langkah, yang menurutnya bertujuan untuk menarik dana yang telah ditransfer.Terakhir, uang Anda akan ditarik pelaku.

(BACA : Cara Mudah Install Aplikasi WhatsApp di Komputer, Mudah Tanpa Ribet )Sesudah mengikuti langkah di atas, saldo dari ATM secara otomatis akan berkurang.Selanjutnya, pelaku akan memutuskan komunikasi dan tidak dapat dihubungi. (*)Artikel ini sudah tayang di gridoto.com, dengan judul : Tipon : Begini Trik Penipuan Online Lewat E-Cash

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest