Follow Us

Di YouTube, Warga Desa Suka Gosip dan Sepakbola, Warga Kota Cari Hiburan dan Edukasi

None - Sabtu, 12 Mei 2018 | 23:10
Youtube
techjuice

Youtube

Nextren.com - Selama ini banyak yang beranggapan bahwa video-video di YouTube hanya populer atau dikonsumsi oleh pengguna di kota-kota besar (urban) saja. Namun anggapan itu ditepis oleh Google Indonesia. Dalam survei yang dilakukan Google Indonesia bersama Kantar pada Januari 2018 lalu, diketahui bahwa penonton YouTube di kota-kota kecil atau daerah (rural) juga banyak. Hanya saja, jenis konten yang dikonsumsi berbeda.

(BACA : Rumor Spesifikasi Blackberry Key2, Pakai RAM 6GB dan Dual Kamera? )Menurut Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, penonton YouTube di kawasan luar kota besar (rural), lebih banyak mengonsumsi video-video entertainment dan sepakbola. "Dari sisi konten, pengguna di rural area lebih straightforward, mereka relaksasi dengan hiburan gosip, apa pun channel-nya yang ditonton gosip dan sepakbola," kata Vero dijumpai di kantor Google di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Sementara penonton YouTube di wilayah perkotaan atau urban area, lebih banyak mengonsumsi video-video lebih bervariasi, seperti musik, komedi, travel, dan lifestyle. Mereka juga menggunakan untuk edukasi, seperti menonton video-video tutorial.

(BACA : GoCar dan GrabCar Bisa Lolos Aturan Ganjil Genap Pakai Syarat Ini )

Adanya perbedaan konten yang dikonsumsi antara pengguna YouTube di perkotaan dan di daerah menurut Vero, tak lepas dari infrastruktur telekomunikasi. Di perkotaan, banyak terdapat WiFi publik di cafe, restoran, atau sekolah. Sementara pengguna di daerah masih mengandalkan koneksi seluler. "Ini karena mereka lebih dahulu mengeksplor dibanding penonton di rural, di mana WiFi tidak tersedia banyak, dan konsumsi video masih mengandalkan koneksi 3G dan 4G," imbuh Vero. (*)Penulis : Reska K. NistantoArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Google Ungkap Perbedaan Tontonan YouTube Warga Kota dan Desa"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest