Follow Us

5 Smartphone “Premium” Pengisi Baterai Tercepat

Fatimah Kartini Bohang - Rabu, 05 Agustus 2015 | 10:35
Galaxy S6 Edge mengisi baterai di atas aksesori wireless charging pad
Oik Yusuf/ Kompas.com

Galaxy S6 Edge mengisi baterai di atas aksesori wireless charging pad

Selama beberapa tahun terakhir, spesifikasi dan kinerja smartphone terus berkembang. Inovasi teknologi memungkinkan vendor mengusung produk dengan prosesor yang lebih cepat, RAM yang lebih besar, koneksi lebih mumpuni, dan layar lebih luas.

Sayangnya, pengembangan tersebut tak diiringi peningkatan kualitas baterai. Bahkan, untuk menunjang tren desain ponsel tipis, beberapa vendor memilih mengecilkan ukuran baterai.

Hasilnya, baterai tak mampu menopang segala spesifikasi smartphone. Baterai jadi mudah panas dan boros pemakaian. Beberapa vendor berusaha memperbaiki masalah ini dengan membenamkan teknologi pengisian daya cepat (quick-charging) pada smartphone. Jadi, walaupun ketahanan baterai masih jadi isu yang lekat pada smartphone, setidaknya pengguna tak butuh waktu lama untuk mengisi kembali daya perangkatnya. Biasanya fitur quick-charging dibenamkan ke smartphone kelas "premium" berkinerja tinggi yang rakus daya. Mana yang paling cepat dalam urusan isi-mengisi baterai ini? Berikut daftar lima di antaranya, seperti dirangkum Nextren dari Phone Arena, Rabu (5/8/2015).

1. Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge

Samsung Galaxy S6 Edge
Oik Yusuf/ Kompas.com

Samsung Galaxy S6 Edge

Duet Galaxy S6 dan S6 Edge merupakan produk teranyar Samsung yang menyatukan baterai dengan tubuh ponsel (unibody). Artinya, pengguna tak dapat melepas baterai dari landasannya.

Beberapa orang mungkin menganggap hal ini sebagai kekurangan Galaxy S6. Namun, setidaknya duet ponsel ini memiliki kemampuan quick-charging yang mumpuni.

Sejak benar-benar mati hingga terisi 100 persen, S6 hanya membutuhkan waktu pengisian daya 76 menit. Sedangkan S6 Edge membutuhkan waktu lebih lama, yakni 83 menit.

Dari lima ponsel premium dalam daftar, Galaxy S6 merupakan ponsel dengan teknologi quick-charging paling cakap. Kedua ponsel Samsung ini juga dilengkapi kemampuan wireless charging alias pengisian baterai tanpa kabel.

2. Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge

Samsung Galaxy Note 4
Oik Yusuf/ Kompas.com

Samsung Galaxy Note 4

Teknologi quick-charging Samsung pertama kali diterapkan pada flagship Galaxy Note 4 dan saudaranya Galaxy Note Edge. Untuk Note 4, perangkat mampu melakukan pengisian daya dari nol hingga 100 persen dalam waktu 95 menit. Sementara Note Edge lebih cepat, yakni hanya 82 menit. Kedua perangkat ini memiliki baterai yang lebih besar dan tahan lama dibandingkan duet S6 dan S6 Edge. Terlebih lagi, baterai pada Note 4 dan Note Edge dapat dilepaskan dari tubuh perangkat. Sehingga, jika terjadi kerusakan baterai, pengguna dapat mengganti baterai lama dengan yang baru.

Halaman Selanjutnya

3. Google Nexus 6
1 2 3

Source : Phone Arena

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest