Follow Us

Awas Skimmer! Kemungkinan Penyebab Misterius Hilangnya Uang dari BRI

Kama - Selasa, 13 Maret 2018 | 18:25
Alat Skimmer yang dapat mencuri fungsi kartu ATM kita
Nextren

Alat Skimmer yang dapat mencuri fungsi kartu ATM kita

Laporan Wartawan Nextren, Kama Adritya

Nextren.grid.id - Masyarakat di Jawa Timur dihebohkan akan musibah kehilangan uang secara misterius dari rekening bank mereka di BRI.

Kejadian kehilangan tersebut dianggap misterius karena para korban tidak menyadari bahwa uang mereka diambil oleh orang lain.

(BACA: Spesifikasi Xiaomi Mi Max 2, Phablet Kencang Cuma 2.5 Jutaan)

Tercatat sampai saat ini ada 16 orang nasabah dari bank yang sama yaitu BRI dari 3 kantor cabang yang berbeda di Kediri, Jawa Timur.

Kerugian masing-masing korban beragam, yaitu dari 500 ribuan sampai ada yang kehilangan 10 jutaan. Uniknya, uang yang hilang tidaklah bulat, seperti Elvina yang merupakan salah satu korban mengaku kehilangan uang sebesar Rp. 504.146,509.

Meski hilangnya misterius dan tak disadari korban, namun ada satu kemungkinan penyebab dari kehilangan tersebut. Yaitu akibat Skimmer.

Skimmer adalah teknik penyadapan yang berfungsi untuk mencuri data atau membuat duplikat dari kartu ATM milik kita.

Tahukah kamu, bahwa sebenarnya kartu ATM yang kita pegang itu sebenarnya hanyalah berisikan serentetan data berupa angka dan huruf yang disimpan dalam pita magnetik di kartu?

Saat kita gesek atau masukkan kartu ATM tersebut, maka mesin pembaca kartu akan membaca urutan data yang terdiri dari angka dan huruf yang khusus dibuat untuk kartu tersebut.

Sehingga, jika ada orang lain yang bisa mengetahui deretan angka dan huruf tersebut, maka orang itu bisa membuat duplikatnya ke kartu lain.

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest