Follow Us

Review Canon Selphy CP1300, Praktisnya Cetak Foto Tanpa Kabel

Wahyu Subyanto - Kamis, 15 Februari 2018 | 18:44
Canon Selphy CP1300
Canon

Canon Selphy CP1300

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id- Dewasa ini, mencetak foto mungkin sudah mulai dilupakan dan jarang dilakukan.Orang lebih sering menyimpan jepretan kameranya di memori hape.Masalahnya, selain cukup banyak yang gaptek, menyimpan foto berharga hanya berupa file digital cukup beresiko.Apalagi kalau disimpan sembarangan, dan tidak dibackup di tempat yang aman.Momen berharga tentu sayang untuk dilupakan, apalagi kalau sulit dicari gara-gara bertumpuknya foto-foto.

(BACA : Cara Mudah Screenshot Layar Semua Merek Hape, Tanpa Aplikasi )Bayangkan kalau ada tamu di rumah, yang ingin melihat foto-foto saat anakmu masih balita beberapa tahun lalu.Tentu perlu perjuangan tersendiri mencari foto khusus seperti itu, di tengah ribuan foto yang terus dibuat sepanjang hari, karena mudahnya memotret lewat hape.Karena itu, mencetak foto tetaplah perlu meski sudah tak sebanyak jaman dulu.Kamu bisa memilih hanya momen tertentu saja yang dicetak dan disimpan.

(BACA : Kata FBI Smartphone Huawei dan ZTE Tidak Layak Digunakan, Kok Bisa? )

Printer yang satu ini menyesuaikan dengan perkembangan jaman, dimana orang tak mau ribet.Dinamakan Canon SELPHY CP1300, ini adalah printer terbaru Canon yang berukuran ringkas namun mudah dipakai.Seperti printer pada umumnya, printer mungil ini juga berfitur lengkap dan punya kualitas cetakan foto yang bagus.Salah satu fitur yang menonjol adalah adanya WiFi untuk mencetak tanpa kabel.Jadi foto dari hape atau kamera yang punya WiFi, bisa dikirim langsung ke printer untuk dicetak.

(BACA : Advan G2, Hape Merek Lokal Mirip iPhone 6 Ini Dijual Rp 2 Jutaan )Selain WiFi, foto bisa dicetak lewat slot memori SD Card yang tersedia.Printer ini makin praktis dengan adanya baterai yang bisa mencetak hingga 50 lembar kertas.Oya, printer ini hanya bisa mencetak dalam satu ukuran saja ya, yaitu ukuran kartu pos, 10 x 14.8 cm.

Mudahnya mencetak tanpa kabelUntuk mencetak foto di printer ini, lebih dahulu harus download aplikasi Canon Print di Google Play. Tampilan aplikasi ini tampak sederhana, dengan menu yang minim.Dari aplikasi Canon print tersebut, kita bisa memilih cetak foto atau cetak dokumen.Foto yang akan dicetak bisa diambil dari hasil foto (Gallery) atau langsung dari kamera.Sebelum memulai, printer dan smartphone harus terhubung dulu lewat WiFi.

(BACA : Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang Lagi Hits )Lalu kita bisa atur bingkai foto sesuai kebutuhan.Setelah foto dipilih, maka foto bisa langsung dicetak dengan menekan tombol cetak.

Canon Selphy CP1300
imgix

Canon Selphy CP1300

Kinerja printer Printer akan mencetak dalam beberapa kali, lapisan demi lapisan.Kertas akan ditarik maju mundur sebanyak 4 kali, hingga cetakan sempurna.Terakhir, akan diberikan lapisan film khusus pada cetakan untuk melindungi foto dari pudarnya warna.Hasil foto bisa dipilih berjenis glossy (mengkilat) atau doff.Mode WiFi Shuffle Print bisa menerima foto dari 8 hape, lalu digabungkan untuk membuat kolase (gabungan) foto yang unik.

(BACA : Kelebihan dan Kekurangan Nokia 8, Simak Dulu Sebelum Tergoda )Ada banyak mode pencetakan yang bisa dipilih.Yang pertama adalah Cetak standar, Cetak semua gambar, Cetak Acak (Shuffle), cetak 2 x 6 inci di kertas ukuran kartu pos, cetak Foto ID, dan lainnya.Sementara itu, menu yang ada di layar 3,2 incinya bisa digunakan untuk menentukan bingkai foto (Border), Tata Letak Halaman, Warna latar belakang, Optimalisasi Gambar, Kecerahan, Penyesuaian Warna, Kulit Halus, koreksi Red-Eye, Tanggal, dan lainnya.Pengaturan Cetak juga bisa disimpan untuk dipakai saat berikutnya.

menu aplikasi Canon Print
way

menu aplikasi Canon Print

Untuk menghemat baterai, fitur Power Down membuat printer bisa mati otomatis.

(BACA : Xiaomi Redmi 5 Plus dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro, Bagus Mana? )Printer mungil Canon Selphy CP1300 ini dijual seharga Rp 1.925.000.Terbilang mahal untuk sebuah printer, karena banyak printer lain yang dijual seharga di bawah Rp 1 juta.Namun tak bisa dipungkiri, mungilnya ukuran printer dan kemudahan dioperasikan di mana pun karena ada baterai, membuat printer ini punya sisi lebih yang unik.Kelebihan Canon Selphy CP13001. Ukuran mungil dan ringkas, mudah dibawa ke mana saja.2. Kecepatan cetak bagus3. Ada fitur edit foto4. hasil foto bagus dengan warna cemerlangKekurangan Canon Selphy CP13001. Harga cukup tinggi2. Baterai dan cartridge tinta dijual terpisah. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest