Follow Us

6 Tips Memotret Bulan Supermoon Pakai Hape, Cukup Bagus Kok

Wahyu Subyanto - Rabu, 31 Januari 2018 | 12:50
Supermoon
popphoto

Supermoon

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id- Peristiwa alam yang penting dan langka bakal terjadi malam ini, Rabu (31/1/2018).Sedang hangat dibicarakan masyarakat, malam ini bulan berada dalam jarak terdekatnya ke bumi, dan akan terlihat lebih besar 15 persen lebih besar dan dengan cahaya 30 persen lebih terang.BMKG memperkirakan fase puncak gerhana bulan total Super Blue Blood Moon terjadi pukul 20:29 WIB, hari Rabu (31/1/2018).Tapi proses sudah berlangsung empat jam sebelumnya, jadi kamu sudah harus bersiap sebelum magrib ya.

(BACA : 5 Tips Memotret Supermoon Malam Ini, Baru Terulang Nanti Tahun 2037 )Prosesnya diawali dengan gerhana sebagian, diikuti dengan gerhana total, gerhana parsial lagi, dan bulan sepenuhnya terlepas dari bayangan bumi. Di Indonesia sendiri, Supermoon sudah pernah terjadi tahun 1982, lalu tahun ini, dan baru terulang lagi nanti tahun 2037.Tak harus memakai kamera digital DSLR kamu juga memotretnya pakai smartphone yang ada.Tentu saja mesti pakai kamera smartphone yang memang bagus ya, karena memotret bulan itu lebih sulit dibanding memotret obyek biasa seperti manusia.

(BACA : Oppo F5 Warna Biru Laris Manis, Dijual Rp 4,5 Juta Tapi Terbatas )

Ini dia tipsnya yang bisa diikuti untuk memotret Supermoon malam ini, atau memotret bulan purnama bulan-bulan berikutnya.1. KreasiFoto tak harus berisi gambar bulan saja, sertakan obyek lain di sekitarnya, untuk memberi kesan yang hidup.2. Pakai tripodIni memotret obyek dengan kecepatan lambat, jadi tripod sangat perlu agar gambar tidak goyang.Tak harus tripod besar dan mahal seperti untuk kamera digital, pakai saja tripod kaki tiga murah meriah dengan penjepit smartphone.Tripod seperti itu sudah bisa didapat mulai dari Rp 20 ribu saja.Jika tak ada, pastikan hape kamu bisa ditempatkan pada sesuatu yang stabil.

(BACA : Xiaomi Redmi 5A dan Samsung Galaxy J2 Pro (2018), Bagus Mana? )

tripod hape
iofferphoto

tripod hape

3. Setting manualAkan lebih baik jika kamu pakai kamera hape yang bisa diseting manual.Atur ISO di angka 100 atau 200, lalu kecepatan bisa 1/60 detik atau sesuaikan dengan kebutuhan.ISO rendah berguna mengurangi noise (bintik-bintik), tapi memang membuat obyek lebih gelap.

Jadi jika bidikan foto bulan tak cukup terang, naikkan angka ISO sampai 400, atau 800 jika noise masih bisa diterima.Meski cahaya bulan tampak terang di mata kita, tapi di lensa kamera harus menangkap cahaya lebih lama, sehingga perlu lebih lama.Namun ingat, bulan adalah benda bergerak sehingga tak bisa dipotret pakai speed yang terlalu lambat, karena akan menjadi tidak fokus dan tajam.

Tanpa setting manual, kamu bisa berkreasi dengan fitur kamera yang tersedia.

Kamu bisa mainkan White Balance, Exposure, atau bahkan filter-filter.

(BACA : Perbandingan Spesifikasi Infinix Zero 5 dan OPPO F5 yang Mirip )

4. Pakai TimerKarena mudah terguncang bahkan hanya oleh tekanan jari pada menu shutter kamera, maka pakai saja fitur Timer 2 atau 5 detik.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest