Follow Us

REVIEW - Huawei Nova 2i Android 4 Kamera, Ini 7 Plus Minusnya

Wahyu Subyanto - Sabtu, 23 Desember 2017 | 20:51
Huawei Nova 2i
way

Huawei Nova 2i

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id- Akhir tahun ini, mulai bermunculan smartphone dengan dual kamera, baik di belakang saja untuk kamera utama, atau sekaligus di depan untuk foto selfie.Tujuan adanya dua kamera yang paling utama adalah untuk menghasilkan foto bokeh yang baik.Foto bokeh ini biasa didapatkan di kamera digital DLSR, yaitu berupa obyek utama yang tajam dengan latar belakang yang blur.Foto bokeh ini membuat obyek utama seolah-olah tampil lebih menonjol dan lebih mendominasi bingkai foto.Selain lebih mudah mendapatkan foto bokeh, kelebihan lain dari dual kamera adalah lebih bagus di kondisi kurang cahaya (low light), bisa zoom detil, efek 3D serta mendukung Virtual Reality.

(BACA : 8 Tips Meningkatkan Hasil Foto Bokeh di Smartphone Kesayangan )Kali ini, Nextren review langsung Huawei Nova 2i, smartphone pertama Huawei yang memiliki kamera ganda di depan dan belakang.Ya, total kameranya adalah 4 buah!

Desain dan LayarDari sisi desain, Nova 2i bisa diacungi jempol.Menganut tren desain smartphone masa kini, Nova 2i punya bodi metal yang tipis namun kokoh dan mantap saat digenggam.

Desain bezel-less alias tanpa bingkai membuat layarnya yang punya ratio 18:9, tampak lebih lega.Sementara fingerprint sensor ada di sisi belakang.Bagian depan Nova 2i ini didominasi layar, hanya ada sedikit sisa ruang di atas layar untuk dua kamera selfie.

(BACA : Persaingan Ketat, Smartphone OnePlus 6 Tiru Face ID di iPhone X? )Adapun 2 kamera lain ada di belakang dengan posisi vertikal dengan desain menonjol.Tonjolan kamera ini membuatnya lensa kameranya jadi rentan tergores, karena tak rata saat ditaruh di atas meja.Bodinya yang berbahan metal terbilang cukup licin, dan mudah kotor oleh jejak jari.Agar tak mudah kotor dan licin, bisa pakai hard case bawaan yang bahannya tampak cukup kuat. Layarnya lengkung 2.5D berlapis Gorilla Glass, dan tak mudah meninggalkan bekas sidik jari.Slot simcard ada di sisi kiri atas, yang sayangnya berjenis hybrid.

(BACA : 4 Tips Agar Akun Sosial Mediamu Terhindar dari Hacker, Mudah Kok )

Huawei Nova 2i
way

Huawei Nova 2i

Jadi kamu harus pilih mau menaruh simcard kedua atau microSD.Layarnya yang 6 inci dan minim bezel, sangat nyaman dipakai menikmati video, terasa begitu lega.Punya ratio 18:9, layar 6 inci tersebut tak terasa kebesaran karena didesain memanjang secara vertikal. Alhasil, layar terasa lega, tapi tetap enak digenggam dengan satu tangan.Layar IPS Nova 2i beresolusi Full HD bisa menampilkan warna yang hangat dan tidak pucat, dan mampu menampilkan warna hitam pekat.Layar tetap jelas dilihat dari samping dan di bawah sinar matahari.

(BACA : Atur Keuangan Lewat Aplikasi Android Money Lover, Biar Tak Kebobolan )Kehangatan warna di layar (Color temperature) bisa diatur mulai dari Warm, Cold atau manual, pilih saja agar enak di mata.Rasio 18:9 memang nyaman dipakai menonton video atau bermain game karena terasa lebih luasNamun masalahnya, pada ratio ini banyak aplikasi yang belum mendukungnya, sehingga tak bisa tampil penuh.Untungnya di bawah setiap aplikasi atau game yang tak mendukung tampilan 18:9, ada menu Fit.Jika tombol Fit itu ditekan, akan memunculkan pilihan untuk menampilkan aplikasi secara penuh, dan aplikasi akan dibuka ulang.

(BACA : Saingi Xiaomi Redmi 5A, 4 Smartphone ini Dijual Murah Rp 900 Ribuan )

Bagaimana saat nonton video Youtube?Jangan khawatir ,karena YouTube juga sudah mendukung video 18:9, namun tidak otomatis.Jadi agar video YouTube tampil penuh di layar Nova 2i ini, bisa dibuat tampilan Full Screen dengan cara pinch to zoom, artinya menggeserkan 2 jari ke arah luar.

Tampilan 18:9 untuk video Youtube
way

Tampilan 18:9 untuk video Youtube

Antarmuka dan Fitur KomplitNova 2i ini berbasis Android 7.0 Nougat dan EMUI 5.1.Antarmukanya enak dan mudah dijalankan.Tampilan standarnya, tak ada AppDrawer, tapi bisa ditampilkan lewat menu Homescreen style.Tak ada tombol navigasi fisik, dan digantikan tombol virtual di sisi bawah layar.Ada tombol Recent Task, Back, dan Home, ditambah tombol notifikasi.Susunannya bisa diubah dari kiri ke kanan sesuai selera.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest