Follow Us

Review - 6 Kelemahan Oppo F5, Tapi Kamera dan Kinerjanya Mantap

Wahyu Subyanto - Selasa, 19 Desember 2017 | 06:49
Oppo F5
updates24

Oppo F5

Laporan wartawan Nextren., Wahyu S.Nextren.grid.id-Oppo belum lama ini merilis smartphone terbarunya, Oppo F5.Mereka bahkan sudah mengeluarkan versi premium dengan warna merah dan RAM 6 GB.Kali ini Nextren menguji langsung Oppo F5 versi RAM 4GB dengan warna putih.Oppo F5 ini merupakan tipe terbaru Oppo dan menjadi penerus Oppo F3 yang diluncurkan sekitar setengah tahun lalu.Desain Oppo F5 punya desain ramping dengan bezel-less alias minim bingkai yang kini menjadi tren dalam desain smartphone.Desain minim bingkai ini memang terasa lebih modern dan enak dilihat, serta layar jadi lebih lega.

(BACA : Saingi iPhone X, Huawei P 11 Usung Kamera Super 3D Super Canggih )

Meski layarnya berukuran 6 inchi, namun saat digenggam, bodi hape ini terasa nyaman, dan terasa ringkas.Ternyata rahasianya ada di desain yang memanjang (wide) dengan layar minim bingkai Full HD dan ratio 18:9.Sekilas bahan bodinya tampak seperti dari logam.

Oppo F5
abenson

Oppo F5

Namun ternyata terbuat dari plastik polikarbonat, yang membuatnya terasa ringan. Namun, bahan plastik ini membuatnya mudah tergores, jadi sebaiknya pakai hard case yang ada di paketnya.Di sisi depan ini, tak ada satu pun tombol fisik.Penggantinya adalah tombol navigasi virtual di sisi bawah layar.Hal ini malah membuat layar terlihat bersih dan luas, dengan menu yang lebih mudah diakses.

(BACA : Sambut Liburan Akhir Tahun dengan Nonton Film Ini Secara Online )Layar Layarnya berukuran 6 inchi, dengan resolusi Full HD dan ratio 18:9 yang nyaman dilihat.Tampilan layar terlihat memenuhi sisi depannya karena luasnya mencapai 84.2 persen dari seluruh bodi.Tampilan layar sangat cerah dan tajam, dengan warna warni cemerlang.Kecerahan layarnya bisa diatur sangat redup. Ini sangat berguna saat kamu ingin menyalakan hape saat nonton bioskop yang gelap, atau saat ingin sekedar baca-baca singkat menjelang tidur malam.

(BACA : Pamerkan 9 Foto Paling Disukai di Instagram Kamu, Caranya Mudah! )

Lock Screen
Oppo F5

Lock Screen

Antarmuka dan AplikasiOppo F5 berjalan di OS Android Nougat dan antarmuka ColorOS 3.2 buatan sendiri.Layarnya juga mendukung Gesture, salah satu fungsinya bisa mengaktifkan layar dengan mengetuk layar dua kali.Hal menarik terlihat lewat fitur Split Screen yang bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus. Lewat Split Screen, maka menonton YouTube sambil browsing mudah saja dilakukan, karena keduanya bisa dinikmati bersebelahan.Apalagi layarnya yang 6 inchi cukup besar.

(BACA : Bocoran Spek Sony H8216 Mendadak Muncul, Mirip Xperia XZ1 Series? )Untuk pengaman layar, bisa memakai password, sidik jari atau pengenal wajah.Mirip FaceID di iPhone X yang dibanggakan itu, di Oppo F5 ada fitur Facial Unlock yang juga menggunakan teknologi pengenal wajah sebagai pembuka layar.Fitur pengenal wajah ini bisa mengenali dengan cepat wajah yang sudah didaftarkan, hanya kurang dari 1 detik.

homescreen
Oppo F5

homescreen

Syaratnya, ruangan atau lokasinya harus cukup cahaya.Jika cahayanya redup, maka fungsi pengenalan sangat berkurang akurasinya.Jadi di lokasi redup, pakai saja fingerprint sebagai pengaman.Bagi kamu yang demen main game di hape berlayar lebar, Oppo F5 tentu akan terasa nyaman.

(BACA : Cara Jitu Menyimpan Status WhatsApp Teman Lewat Hape Android )Apalagi ada fitur "Do Not Disturb" yang bisa membantu pengguna saat bermain game atau menonton video streaming, agar tidak diganggu panggilan masuk.Saat fitur "Do Not Disturb" diaktifkan, maka panggilan masuk hanya akan disiagakan menjadi notifikasi saja. Jika fitur unik itu diaktifkan, aaat ada panggilan masuk itu, game akan tetap berjalan normal. Kamera SelfieSaat ini sedang tren dual kamera, baik di depan maupun belakang.Oppo F5 tidak memakai dual kamera seperti itu, tapi hanya satu kamera yang dilengkapi teknologi A.I (Artificial Intelegence) yang disebut Beauty Recognition.

Fitur "Beauty Technology" ini memang bisa membedakan warna kulit pria dan wanita saat dipakai memotret, bahkan meski dipotret bersama, misalnya saat berfoto selfie bareng.Kamera selfie Oppo F5 ini beresolusi 20MP dengan teknologi AI Beauty Recognition.Hasilnya, foto selfie lebih alami sesuai dengan wajah obyek foto.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest