Follow Us

REVIEW Nokia 8, Android Kencang Dari Sang Legenda Dengan 7 Kelemahan

Wahyu Subyanto - Kamis, 19 April 2018 | 13:09
Nokia 8
way

Nokia 8

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id-Kita tahu Nokia sebagai salah satu merek legendaris yang pernah menjadi nomor satu dalam bisnis hape` Sebelumnya, Nokia sudah resmi masuk ke Indonesia lewat seri Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6, yang berada di segmen pemula dan menengah.Kini mereka resmi masuk ke segmen menengah atas lewat Nokia 8.Ditawarkan dengan harga resmi Rp 6,5 juta, Nokia 8 ini terbilang menarik jika dilihat spesifikasi yang diberikan.

(BACA : Secreto Site, Situs Kirim Pesan Rahasia Anonymous yang Lagi Ngetren )Secara spesifikasi, Nokia 8 ini sudah tergolong masuk kelas atas dengan terutama berkat chipset Snapdragon 835, memori RAM 4GB, memori internal 64GB.Kameranya dibekali Dual kamera utama 13MP dgn Optic Zeiss, kamera depan 13MP, baterai 3090mAh Quick Charge, dan berbasis Android Oreo.Snapdragon 835 masih merupakan salah satu prosesor terbaik saat ini, meski sudah ada yang lebih baru yaitu Snapdragon 845, yang masih sangat jarang dipakai.

Nokia 8 sisi belakang
way

Nokia 8 sisi belakang

DESAINSecara desain, Nokia 8 belum mengikuti tren kekinian yang punya desain bezelless dan ratio layar 18:9.Namun bentuknya tetap cukup mewah berkat bodi mengilat dari bahan logam aluminium.

Desain juga cukup berbeda dari android umumnya, dan terasa kokoh saat digenggam.Bodinya sangat tipis dan ringan, sehingga nyaman dibawa-bawa.

(BACA : Terungkap! Seri Asus Zenfone Max Pro yang Akan Diluncurkan 23 April )Namun bahan bodinya memang sangat licin, dengan bagian belakang mudah kotor oleh sidik jari, bahkan mudah tergores halus.Jadi mestinya memang harus ditambahkan case, meskipun tentu saja desain bodinya yang bagus itu jadi tertutupi.Ukuran bodinya pas di genggaman dan ramping. Sisi kiri dan kanan bodi sangat melengkung, tapi hal itulah yang membuat tombol volume dan power menjadi kurang nyaman dipencet.Apalagi tombol volume dan power berukuran kecil sehingga jari sering kurang pas saat memencetnya.

(BACA : 5 Fakta Oppo F7, Benarkah Layak Beli dengan Harga Rp 4,2 Juta? )

tombol volume dan power Nokia 8
way

tombol volume dan power Nokia 8

Namun, kita memang tak harus sering-sering mengakses tombol power dan volume tersebut.Soalnya, semua hal bisa dilakukan lewat layar sentuhnya, termasuk lewat tombol fingerprint sekaligus tombol Home.Misalnya, untuk mengaktifkan layar (wake up screen) ada fitur double tap dengan cara etuk dua kali di layar.Posisi fingerprint di depan ini sangat ergonomis dan nyaman, dengan respon yang cepat.Jadi, saat hape ditaruh di meja, kita tak perlu mengangkat hape seperti hape dengan fingerprint di belakang.

(BACA : OPPO F7 Resmi Dipasarkan Rp 4,2 Juta, Bawa Teknologi AI Terbaru )

fingerprint Nokia 8
way

fingerprint Nokia 8

Sementara untuk simcard ada dua slot, tapi berjenis hybrid, jadi harus pilih untuk pasang simcard atau microSD di slot kedua.Namun, besar ROM 64 GB rasanya sudah cukup untuk menampung kebutuhan penyimpanan, tanpa harus menambah microSD lagi.

LAYARDibekali layar IPS 5,3 inci, Nokia 8 punya resolusi layar yang tinggi, yaitu Quad HD alias 2K.Resolusi layarnya tinggi, yaitu 553 ppi, sehingga saat dipakai nonton film main game HD dan kelas berat, semuanya tampak mantap dan tajam.Kualitas gambar tampak bagus dan tajam, dengan kontras yang enak dilihat. Layarnya juga tahan gores dengan Gorilla Glass 5.

(BACA : Bukan Razer Phone, Hape Game Lokal Ini Cuma Dibanderol Rp 200 Ribuan )Hal yang mungkin kurang adalah layarnya belum pakai rasio 18:9 yang kini sedang tren.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest