Follow Us

Kamera Olympus OMD E-M10 Mark III Resmi Masuk Indonesia, Bisa Dikontrol Lewat Smartphone

Wahyu Subyanto - Sabtu, 09 Desember 2017 | 16:46
sisi belakang Olympus OMD E-M10 Mark III
Olympus

sisi belakang Olympus OMD E-M10 Mark III

Laporan wartawan Nextren, Wahyu.Nextren.grid.id-Traveling, baik itu untuk keperluan bisnis maupun berwisata, kini telah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Satu perangkat wajib ketika traveling adalah kamera, yang dipergunakan untuk mengabadikan momen berharga.Di sini seringkali muncul dilema.Ketika ingin menghasilkan hasil foto atau video yang berkualitas tinggi, maka harus membawa kamera DSLR yang besar dan berat.

(Baca : Dana Sejutaan Dapat Apa Ya? Ini 4 Pilihan Hape Android Layak Beli )Belum lagi ditambah dengan tripod dan gimbal (stabilizer) yang membuat perjalanan menjadi lebih melelahkan, karena harus membawa beban yang cukup banyak dan berat.Di sisi lain, jika hanya membawa kamera smartphone atau kamera compact biasa agar beban perjalanan lebih ringan, hasilnya seringkali tidak sesuai harapan. Atas dasar itu, Olympus mencoba menawarkan kamera generasi terbarunya kamera E-M10 Mark III untuk pasar Indonesia.Menurut Sandy Chandra, Marketing Manager - Olympus Customer Care Indonesia (OCCI), kamera ini diluncurkan pada momentum yang tepat di mana pada akhir tahun, semua orang merencanakan untuk pergi berlibur bersama keluarga tercinta atau teman akrabnya.

(Baca : Remix Rilis Maret 2018, Nonton Video Musik YouTube Bakal Berbayar )Kamera terbaru Olympus OMD E-M10 Mark III lebih ringkas karena tak perlu membawa peralatan tambahan seperti gimbal dan tripod."Gimbal dan tripod ini sangat mengganggu kenyamanan perjalanan liburan karena beban tambahan yang tidak seharusnya ada di daftar barang bawaan liburan," ujar Sandy dalam keterangannya kepada Nextren (9/12/2017).

Kita tentu sering menonton video di social media dari smartphone yang dalam waktu 5 detik pertama kita sudah merasa pusing dan mual.Hal ini menandakan video tsb goyang atau tidak stabil pengambilan gambarnya, tentu hal ini sangat mengganggu kenyamanan sharing moment yang ada.

(Baca : Aplikasi VLC Terbaru Dukung iPhone X dan Tampilkan Video Resolusi 4K )Model kamera baru ini dilengkapi dengan prosesor gambar TruePic VIII yang membantu meningkatkan kinerja saat memotret low light dan Olympus terkenal dengan In Body 5-axis Image Stabilization (IBIS). Dengan 121 poin AF seperti yang ditemukan pada rekaman film handheld OM-D E-M1 Mark II dan resolusi 4k UHD, fitur OM-D E-M10 Mark III yang baru ini dikemas untuk para traveler, vlogger, blogger dan yang memiliki mobilitas tinggi.

Ukuran Ringkas Olympus OMD E-M10 Mark III
Olympus

Ukuran Ringkas Olympus OMD E-M10 Mark III

Teknologi 5-Axis Image StabilizerOlympus OMD E-M10 Mark III menggunakan teknologi In Body 5-Axis Image Stabilization yang memungkinkan memotret lebih bebas. Ukuran yang kompak dan ringan memungkinkan pemotretan genggam yang mudah digunakan untuk pemula fotografi dengan beragam subjek.Fungsi Image Stabilizer (IS) berguna untuk mendapatkan hasil gambar yang stabil dan tajam, saat memotret dengan kondisi low light (yang membutuhkan slow speed).

(Baca : Trik Jitu Sembunyikan Foto yang Ditandai Teman di Instagram )IS juga dibutuhkan saat kondisi kamera terguncang ketika dalam mode video recording. Teknologi IS (image stabilizer) di kamera ini yang secara efektif melawan guncangan kamera hingga maksimal empat langkah kecepatan rana ( 4,5 stop ) dari kinerja kompensasi, untuk menghasilkan hasil foto yang tajam.Fitur penstabil gambar dalam body kamera Olympus OMD E-M10 Mark III bekerja dengan cara menggerakkan image sensor sesuai arah gerakan pada sumbu x dan y, gerakan pitch (seperti gerakan mengangguk), yaw (seperti gerakan menggeleng) dan rolling (seperti gerakan lensa memutar).Fungsi stabilisasi untuk mencover gerakan Rolling ini yang sangat dibutuhkan saat pengambilan video.

(Baca : Dijamin Mantap Fotonya, Ini 6 Hape Kamera Terbaik Akhir Tahun 2017 )

Dengan IS 5-axis pada OMD E-M10 Mark III, pengguna dapat memotret dengan kecepatan shutter lambat tanpa khawatir blur. Ketika kamera sedang merekam movie, gambar menjadi lebih stabil layaknya perekaman movie oleh Professional Videographer.

(Baca : Facebook Tawarkan Fitur Live Streaming Dalam Game Messenger )Kamera pun menjadi ringan karena tidak memerlukan alat stabilizer tambahan seperti Gymbal dan tripod yang tentu akan sangat merepotkan ketika dibawa traveling. Terpenting dari semua itu, tentunya gambar tetap berkualitas tinggi dan tetap tajam.

Olympus OMD E-M10 Mark III
Olympus

Olympus OMD E-M10 Mark III

Auto ModeOlympus OMD E-M10 Mark III dirancang tidak hanya untuk yang sudah mahir fotografi. Auto Mode kamera ini bisa menyesuaikan semua pengaturan untuk setiap situasi, sehingga kamu bisa memotret dengan mudah.Kamera ini dibekali dengan empat mode bidikan tambahan yaitu AUTO, SCN (Scene), mode AP (Advanced Photo) dan ART (Art Filter). Mode pemotretan tersebut ditambahkan pada tombol mode untuk memudahkan akses. Mode AP ada salah satu scene yang menarik adalah Light Trails atau sering dikenal dengan Star Trails.

(Baca : Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Usung Layar 18:9, Pilih yang Mana? )

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest