Follow Us

Facebook Diam-diam Ganti Logo

Fatimah Kartini Bohang - Kamis, 02 Juli 2015 | 13:30
Logo baru Facebook
The Next Web

Logo baru Facebook

KOMPAS.com - Facebook diam-diam mengganti desain logo untuk pertama kalinya sejak 2005. Tapi, kamu mungkin tak sadar akan perubahan ini.

Sebab, logonya memang tak berubah secara signifikan. Hanya jenis huruf yang diubah untuk memberi kesan lebih muda dan santai.

Jika kamu melihat ikon aplikasinya di ponsel, logo tetap memperlihatkan huruf 'f' warna putih dengan latar biru. Tak ada perbedaan sama sekali dengan yang lama.

Perbedaan tampak ketika kamu melihat logo tulisan 'Facebook' yang utuh. Menurut Kepala Kreatif Facebook Josh Higgins, layanan jejaring sosial tersebut memang sengaja tak merombak keseluruhan desain logo sebelumnya.

"Kami merancang desain baru untuk membuatnya lebih ramah mata," katanya, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dikutip KompasTekno, Kamis (2/7/2015).

Mantan bagian kreatif Facebook Ben Barry mengatakan, rencana perubahan logo 'Facebook' sudah diwacanakan sejak 2012. Namun wacana itu tertinggal sebagai wacana belaka tanpa realisasi selama tiga tahun. Barulah kemarin, Rabu (1/7/2015), wacana ini benar-benar diwujudkan.

Perbandingan logo lama dan logo baru Facebook
The Next Web

Perbandingan logo lama dan logo baru Facebook

Perubahan paling mencolok terlihat dari huruf 'a' yang membentuk Facebook. Logo sebelumnya menuliskan 'a' dengan mematrikan tangkai atas. Sedangkan logo baru menuliskan 'a' tanpa tangkai atas.

Ketebalan huruf pada logo lama juga lebih pekat dibandingkan logo baru. Selain itu, logo lama lebih rapat jarak antar hurufnya dibandingkan logo baru.

Logo baru yang lebih terkesan modern ini berkiblat pada desain huruf abad 20-an karya Franklin Gothic. Generasi millennial diklaim bakal lebih terangkul dengan logo ini.

Source : The Next Web

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

Latest