Follow Us

Tips Memotret Light Painting Atau Lukisan Cahaya Dengan Hape

Wahyu Subyanto - Rabu, 06 Desember 2017 | 05:34
Light Painting
whicdn

Light Painting

Laporan wartawan Nextren, Wahyu Subiyanto.Nextren.grid.id-Foto light painting memang menarik, karena kamera bisa merekam warna warni cahaya dengan bentuk yang indah. Namun hal ini hanya bisa dilakukan kamera hape denga setting manual seperti Meizu M3 Note, Asus Zenfone 2 Laser, Oppo R7S, Infinix Zero 3 dan lainnya. Sampai saat ini, Nextren mencatat kecepatan memotret terlama di smartphone adalah 32 detik, dan yang tercepat 1/1250 detik. 1. Kamera HP & Tripod

Kamera HP harus bisa disetting manual untuk mengatur kecepatan. Tripod ini penting, agar hasil foto tajam tanpa goyang sedikit pun. Tripod kaki tiga kecil untuk hp bisa dipakai. Jika kepepet, sandarkan kamera hp di benda yang kokoh, tanpa terhalangi benda di depannya.2. ISO rendah Umumnya, memotret cahaya tak perlu obyek lain terlihat. Makin gelap makin baik dan bisa dicapai lewat ISO terendah (50 atau 100). Noise juga akan minim sehingga tak muncul bintik-bintik yang mengganggu.3. Model manusia Jika ada model manusia, pakai lampu flash eksternal agar model bisa terlihat dalam foto. Namun pastikan badan model diam stabil, tidak bergerak, agar foto tidak blur.

4. Lokasi pemotretan Pilih lokasi gelap, karena jika terlalu banyak sumber cahaya lain seperti lampu taman atau lampu mobil, hasil foto bisa jadi terlalu terang. Cara termudah adalah di dalam rumah atau kamar sendiri, dengan lampu dimatikan.5. Kecepatan Kecepatan pemotretan 10-30 detik biasa dipakai, tergantung serumit apa bentuk cahaya yang diinginkan. Sebelumnya, latih dulu misalnya 10 detik, dipakai menggerakkan senter di tangan membentuk kata. Tujuan shutter speed lambat supaya kamera bisa merekam jejak cahaya yang akan dibuat. Semakin rumit bentuk tulisan cahaya, maka shutter speed juga perlu lebih lama hingga 30 detik, agar kamera bisa merekam semuanya. Kalau bentuknya sederhana, shutter speed lebih singkat. Tapi ingat, makin lama shutter speed maka hasil akhir foto akan semakin terang. Hal ini bisa mengganggu jika kita tak ingin memasukkan foto background sekitarnya.6. Sumber cahayaPerlu sumber cahaya terang untuk obyek utama foto.Sumber cahaya termudah adalah dengan layar ponsel dengan kecerahan maksimum. Lebih baik lagi kalau memakai lampu LED warna-warni, atau light stick. Waktu menggerakkan lampu untuk membentuk sesuatu, usahakan lama setiap bentuk cahaya sama agar tidak ada yang lebih terang atau lebih redup7. ArahUntuk foto bentuk tulisan, gerakkan dibuat terbalik dari kanan ke kiri, agar bentuk tulisannya benar terbaca di hasil foto. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest