Follow Us

Snapdragon X55, Modem 5G Terbaru Qualcomm Siap Tahun Depan

David Novan Buana - Rabu, 20 Februari 2019 | 21:03
Qualcomm telah siapkan modem 5G baru, Snapdragon X55 untuk tahun depan dengan kinerja yang lebih baik.
phonedog.com

Qualcomm telah siapkan modem 5G baru, Snapdragon X55 untuk tahun depan dengan kinerja yang lebih baik.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Belum juga Snapdragon 855 dengan modem 5G di dalamnya, Snapdragon X50, diimplementasikan penuh di smartphone pada awal 2019, Qualcomm ternyata sudah punya rencana untuk tahun depan.

Ternyata Qualcomm telah menyiapkan modem 5G baru untuk menggantikan X50 pada tahun depan, bernama Snapdragon X55.

Tidak hanya menggantinya saja, kinerjanya juga diberitakan akan lebih baik bila dibandingkan dengan X50 saat ini.

Baca Juga : 11 Merek Hape Akan Pakai Chipset 5G Qualcomm Tahun Ini

Berita mengenai rencana ini ternyata sudah mulai dihembuskan oleh Qualcomm pada Snapdragon Tech Summit di Hawaii sekitar dua bulan lalu.

Akhirnya modem tersebut muncul dalam bentuk Snapdragon X55 dan disebutkan sebagai solusi generasi kedua dari teknologi 5G.

Menyertai model X55 tersebut, diumumkan pula hadirnya antena 5G mmWave RF baru bernama QTM525, untuk menggantikan QTM052 yang digunakan pada smartphone 5G terbaru yang akan muncul nanti.

Kemampuan dari X55 sendiri menurut Qualcomm akan lebih cepat, lebih kecil ukurannya, dan juga memiliki kompatibilitas lebih baik dengan chip 5G di Snapdragon 855.

Artinya, penggunaan baterainya akan lebih baik dibandingkan dengan X50 yang saat ini akan digunakan di smartphone berbasis 5G.

Ukurannya dipengaruhi oleh penggunaan manufactoring proccessing 7nm yang digunakan X55, dibandingkan 10nm yang dipakai di X50.

Menurut Qualcomm, pengurangan ukuran ini cukup signifikan, karena mampu mengurangi ketebalan module modem 5G hingga lebih tipis dari 8mm.

Source : ARS Technica

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest