Follow Us

3 Startup yang Bersaing ke Silicon Valley

Fatimah Kartini Bohang - Rabu, 06 Januari 2016 | 17:14
Startup Sprint
Startup Sprint

Startup Sprint

Setelah mengumumkan tiga startup terbaik pada Desember lalu, kini "Startup Sprint" masuk ke tahap penentuan pemenang. Tahap terakhir itu dilaksanakan hari ini, Rabu (6/1/2015), di Forward Factory, Gedung Spazio, Surabaya.

Adapun tiga startup yang bersaing menyabet gelar pemenang adalah Riliv, Masaku, dan Reblood. Ketiganya berangkat dari latar belakang masalah berbeda.

Riliv adalah media sosial untuk orang-orang yang sulit menceritakan masalah mereka secara langsung ke psikolog. Masaku adalah aplikasi pengiriman makanan yang menghubungkan ibu rumah tangga atau UKM yang menjual makanan dengan calon pembeli.

Terakhir, Reblood adalah aplikasi yang menjamin stok darah PMI selalu tersedia. Caranya dengan menghubungkan PMI ke pendonor darah lewat teknologi mobile.

Pemenang "Startup Sprint" akan mendapat hadiah uang Rp 50 juta. Pemenang juga bakal diajak bertandang ke markas perusahaan teknologi Silicon Valley di San Francisco, AS.

Yansen Kamto, salah satu inisiator "Start Surabaya" yang merupakan penyelenggara "Startup Sprint" mengatakan, kompetisi tersebut merupakan tahap lanjutan untuk mendorong perkembangan ekosistem startup teknologi di Surabaya.

"Kami ingin mencari anak muda yang punya mimpi menjadikan startup Indonesia sebagai pemain global. Anak muda yang mau menghadirkan solusi bagi masalah dunia," kata dia, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang diterima Nextren.

Yansen juga menuturkan, startup lokal harus mulai memiliki pola pikir global. Namun, bukan berarti startup lokal boleh serta-merta mencontek produk asing.

"Tujuan kita ke Silicon Valley adalah untuk belajar dan bertukar pikiran, bukan hanya mencontek dan meniru," kata pria yang juga merupakan Chief Executive KIBAR tersebut.

Diketahui, "Startup Sprint" diselenggarakan pertama kali tahun ini. Tiga startup yang masuk ke babak final sudah melalui perjalanan kurang lebih empat bulan sejak Agustus 2015 lalu.

Mereka telah mengalahkan lebih dari 100 tim startup lainnya di babak awal, untuk kemudian mengikuti rangkaian kegiatan bootcamp dan mentoring.Update: Pemenang kompetisi Startup Sprint telah ditentukan pada Rabu (6/1/2016), startup asal Surabaya yang akan dikirim ke Silicon Valley adalah Masaku.

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

Latest