Follow Us

Video Viral Nenek 88 Tahun Menjajal "Virtual Reality"

Fatimah Kartini Bohang - Senin, 28 Desember 2015 | 14:24
Google Cardboard desain baru
The Verge

Google Cardboard desain baru

Mark Nutt ingin tahu tanggapan neneknya tentang teknologi virtual reality (VR). Momen kumpul keluarga di hari Natal dijadikan kesempatan menjawab rasa penasarannya.

Ia minta izin memasang Google Cardboard VR ke kepala sang nenek. Alat VR itu memperlihatkan simulasi permainan roller coaster.

Marie, nama nenek Nutt, tampak kegirangan. Perempuan berusia 88 tahun tersebut tertawa sembari berteriak menumpahkan ekspresinya.

Marie merasa benar-benar sedang bermain roller coaster. Ia menggenggam tangan seseorang di sampingnya dan melarang para anggota keluarga beranjak.

"Oh My God!" jerit Marie pada rekaman video yang diunggah Nutt ke YouTube, 25 Desember lalu.

Video nenek yang mencoba VR itu pun jadi viral. Pantauan Nextren, hingga berita ini diturunkan, Senin (28/12/2015), lebih dari 400 ribu netizen menonton dan lebih dari 800 mengomentari cuplikan Marie menjajal VR.Cardboard Google sendiri adalah jenis headset VR yang mengusung konsep do-it-yourself (DIY). Pengguna merakit VR dari potongan kardus, dengan mengikuti arahan pola sehingga berbentuk kacamata. Cardboard tak memiliki unit display khusus yang memproyeksikan gambar 3D ke mata pengguna. Sebagai gantinya, digunakanlah sebuah ponsel Android biasa dan sepasang lensa yang juga bisa dibeli sendiri.Smartphone disisipkan ke dalam Cardboard sehingga layarnya menghadap ke pasangan lensa, yang akan memproyeksikan tampilan layar itu ke mata pengguna. Ponsel yang digunakan bisa apa saja, asalkan memakai sistem operasi Android. Sebelum memasang smartphone, pengguna bisa menjalankan aplikasi demo Cardboard yang disediakan Google di toko aplikasi Play Store. Setelah aplikasi berjalan, pemakai Cardboard tak perlu lagi menyentuh layar smartphone untuk navigasi.

Source : Mashable

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest