Follow Us

Ingin Cari Korban Tsunami Anyer? Bisa Lewat Situs Baznas dan PMI Ini

Wahyu Subyanto - Senin, 24 Desember 2018 | 21:42
Tsunami Anyer: Wisma Kompas Gramedia di Karang Bolong juga terkena dampak
Pusdalsis KG

Tsunami Anyer: Wisma Kompas Gramedia di Karang Bolong juga terkena dampak

Nextren.com - Di penghujung tahun, saat banyak orang bergembira menikmati liburan, Indonesia mengalami bencana tsunami di wilayah pantai selatan Banten dan sekitarnya.Dalam suasana bencana, tentu banyak keluarga terpisah, ditambah listrik PLN dan telekomunikasi tak berfungsi.Nah barangkali ada keluarga dan sahabat kamu yang sedang khawatir menunggu kabar tentang kondisi terakhir korban, kamu bisa membantu lewat aplikasi di smartphone.Ini aplikasi asli Indonesia, buatan Badan Zakat Nasional (Baznas).

Baca Juga : Google Tantang Pembuat AI Untuk Prediksi Bencana Hingga Selamatkan AlamBernama Cari Temu, aplikasi ini dibuat Baznas karena ingin membantu masyarakat untuk menemukan kembali anggota keluarganya yang hilang dalam berbagai bencana.Maka Cari Temu juga bisa membantu mempertemukan kembali para korban tsunami di kawasan sekitar Anyer dan Carita tersebut.Bahkan aplikasi ini sudah teruji saat dipakai dalam bencana Lombok, Nusa Tenggara Barat dan gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Baca Juga : Terjadi Gempa di Lombok, Ini 6 Aplikasi Pendeteksi Bencana Gempa Bumi

Aplikasi Cari Temu bisa didownload gratis di Google Play Store. Untuk memakainya, kamu tinggal masukkan saja nama lengkap korban yang dicari di kotak pencarian.Maka, kamu akan diarahkan ke bagian hasil pencarian. Lanjutkan dengan memilih Found untuk melihat daftar korban yang telah ditemukan.

Baca Juga : Cara Mematikan “Autoplay” Video di Facebook Chrome Firefox dan Opera

Aplikasi Cari Temu
Google Play

Aplikasi Cari Temu

Bahkan aplikasi ini bisa dipakai tanpa diinstalasi.Jadi kita bisa mencari korban hilang lewat situs Cari Temu, yaitu di http://caritemu.baznas.go.id. Cukup masukkan saja nama lengkap kerabat yang dicari, langsung di situs Maka daftar nama korban yang sesuai akan muncul.Tak hanya untuk mencari, lewat Cari Temu kamu juga bisa melaporkan korban yang ditemukan di lokasi kejadian, dengan cara menekan tombol Lapor di menu utama.

Baca Juga : Produksi iPhone Pindah dari China ke Batam, Vietnam Tersingkir

Pencarian Orang Hilang di Situs PMISelain dari Baznas, Palang Merah Indonesia (PMI) juga membuat situs khusus untuk pencarian anggota keluarga yang hilang pasca bencana tsunami terjadi di Banten dan Lampung, Sabtu (22/12/2018) malam.Seperti dilansir kompas.com, Website PMI menyediakan situs untuk memfasilitasi pencarian korban tsunami yang melanda wilayah pantai sekitar Selat Sunda, di Anyer, Banten dan Lampung, Sabtu (22/12/2018) malam.Alamat situs tersebut di https://familylinks.icrc.org/lampung-banten/id/Pages/Home.aspx.

Sistem Pencarian Orang Hilang di situs PMI
PMI

Sistem Pencarian Orang Hilang di situs PMI

Masyarakat yang ingin mencari anggota keluarga atau kenalannya dapat mendaftarkan diri di situs tersebut. Warga yang sedang mencari sanak saudaranya perlu mencantumkan identitas hingga kontak terakhir dengan orang yang dicari. Saat dicoba Nextren, tampaknya sistem informasi di website PMI ini lebih update dan lengkap, dibanding siste mdari Baznas. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest