Follow Us

Facebook Membagi Data Pribadimu Kepada Lebih Dari 150 Perusahaan

David Novan Buana - Rabu, 19 Desember 2018 | 21:00
Facebook
Geek

Facebook

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Tahun ini merupakan saat banyak rahasia Facebook terbongkar ke muka umum, dan menjelang pergantian tahun sekalipun masih ada saja skandal yang terkuak ke permukaan.

Kali ini berasal dari laporan yang dibuat oleh The New York Times, yang menyatakan telah mendapatkan ratusan halaman dokumen mengenai media sosial raksasa tersebut dan menemukan fakta yang mengejutkan.

Ternyata, data pribadimu yang kamu tuliskan di sana dibagikan kepada lebih dari 150 perusahaan teknologi global, termasuk di dalamnya Microsoft, Spotify, Netflix, Amazon, Apple, dan Sony.

Baca Juga : Facebook Patenkan Teknologi Untuk Susun Demografi Keluarga Pengguna

Artinya, perusahaan yang digolongkan sebagai partner media sosial tersebut diberikan izin untuk tidak mengikuti aturan privasi yang dibuat sendiri oleh Facebook.

Melalui persetujuan tersebut, search engine Bing dari Microsoft mendapatkan akses untuk melihat semua nama temanmu tanpa izin darimu.

Parahnya lagi Spotifydan Netflix mendapatkan izin untuk membaca, menulis, dan menghapus pesan pribadimu di Facebook, serta melihat semua pengguna yang ikut serta di dalam percakapan.

Hal ini pula yang memberikan Amazon dan Yahoo kesempatan untuk mendapatkan nama pengguna dan informasi kontakmu melalui temanmu, serta semua post yang dilakukan.

Untuk mengesahkan intipan tersebut, Facebook telah memberikan izin untuk menyembunyikan fakta bahwa informasi diambil dari perangkatmu tanpa memerlukan izinmu.

Data yang diambil oleh semua perusahaan tersebut ternyata tidak sedikit, karena dokumen tersebut menyatakan setidaknya data pribadi dari ratusan juta pengguna madia sosial ini mengalir ke pihak ketiga setiap bulannya.

Bahkan tercatat pula sebagian penarikan data tersebut telah dimulai semenjak 2010, dan baru mulai dilakukan secara besar-besaran mulai 2017.

Source : Gizmodo

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest