Follow Us

YouTube Bakal Hilangkan Semua Annotation Dari Videonya di Awal 2019

David Novan Buana - Rabu, 28 November 2018 | 21:20
YouTube
brightedge.com

YouTube

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Annotation, ada yang suka dengannya dan ada pula yang membencinya setengah mati karena terkadang menganggu ketika menonton video di YouTube.

Hubungan frenemy antara penonton di layanan video berbasis internet terbesar di dunia tersebut tampaknya akan segera berakhir, karena YouTube sudah memberikan keputusan finalnya.

Ya, fungsi Annotation yang biasa ditemui ketika menonton YouTube tersebut akan dihilangkan total mulai Januari 2019 nanti.

Baca Juga : Fortnite Kejar Kreator Konten YouTuber Penyebar Cheat Ke Pengadilan

Bila kamu merasa asing dengan istilah Annotation, mungkin kamu sering menemukannya ketika menonton video YouTube, tetapi tidak mengetahui namanya saja.

Biasanya pada saat kamu menonton, seringkali muncul pop-up berupa tulisan yang memberitahu mengenai informasi tambahan untuk topik yang sedang dibahas.

Tulisan itu sendiri sebenarnya adalah link menuju video lain yang dibuat oleh kreator YouTube yang sedang kamu tonton.

Melalui fitur ini, kreator dapat dengan leluasa mempromosikan video lain miliknya kepadamu, dan di saat bersamaan memberikan lebih banyak viewer untuk channelnya.

Karena kebebasan untuk meletakkan Annotation ada pada kreator video, maka terkadang letak dari tulisan tersebut menganggu pandangan, dan juga bisa muncul kapan saja di sepanjang video.

Wajarnya, fitur tersebut digunakan pada akhir video, supaya penonton tidak kesal karena pengalaman menontonnya terganggu.

Untuk menangani Annotation yang mengganggu, kamu bisa membuka setting di layar video (ikon berbentuk gear), dan mematikan Annotation.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest