Follow Us

Nintendo Menangkan Tuntutan $12 Juta Melawan Website Game Bajakan

David Novan Buana - Selasa, 20 November 2018 | 08:16
Mario, Maskot Nintendo
CNET

Mario, Maskot Nintendo

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Pembajakan game merupakan hal yang sangat serius, dan usaha pemain pasar dalam membasminya terus dilakukan.

Kemenangan atas perang melawan game bajakan berhasil didapatkan oleh perusahaan game raksasa Nintendo, setelah melalui proses pengadilan yang panjang.

Tidak tanggung-tanggung, Nintendo meminta pemilik website yang memuat game bajakan dari console miliknya untuk membayar $12.230.000, jumlah yang luar biasa banyak.

Baca Juga : Xbox One Berencana Luncurkan Console Game Tanpa Disc Dan Lebih Murah

Pemilik website game bajakan yang harus membayar jumlah uang yang mustahil mereka dapatkan tersebut adalah Jacob dan Cristian Mathias.

Keduanya adalah pasangan yang memiliki dan menjalankan website bernama LoveROMS.com dan LoveRetro.co, dan isinya adalah file ROM yang diambil dari game Nintendo untuk dijalankan di program emulator.

Bila kamu belum mengenal emulator itu apa, program ini adalah software ilegal yang dapat menjalankan file kompresi dari game, file yang dinamakan ROM.

Jadi singkatnya, ROM tidak ada bedanya dengan game bajakan dalam bentuk DVD, karena sama-sama melanggar hak cipta dari pembuat gamenya.

Vonis yang begitu berat tersebut dijatuhkan oleh pengadilan federal di Arizona, setelah Nintendo menuntut pasangan tersebut pada Juli lalu.

Tentu saja tidak hanya website mereka yang menjalankan bisnis ROM tersebut; Nintendo mengincarnya karena dianggap yang paling terbuka dan agresif dari semuanya.

Apakah pasangan pembajak game tersebut bisa membayarnya, tidak ada yang tahu karena uang tersebut sebanding dengan 178,4 milyar Rupiah.

Source : HardOCP

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest