Follow Us

Aplikasi TCASH Versi Baru, Bisa Bayar Lewat Hape dan Snap QR

Wahyu Subyanto - Selasa, 27 Maret 2018 | 22:46
Tcash Telkomsel
telkomsel

Tcash Telkomsel

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id - Layanan digital payment kini makin marak, seiring tingginya penetrasi internet di Indonesia.Salah satu operator yang menyelenggarakan digital paymetn, yaitu Telkomsel, baru saja memperkenalkan pengembangan aplikasi TCASH Wallet.Aplikasi TCash baru ini lebih intuitif dan nyaman, dengan beragam fitur unggulan utama.Fitur baru lain adalah bayar beli apapun di ponsel; dan Snap QR Code yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Aplikasi terbaru ini juga telah tersedia di App Store dan Google Play Store, serta merupakan versi kedua sejak perkenalan awalnya pada pertengahan tahun lalu.

(BACA : Microsoft Edge Masuk iPad dan Tablet Android, Makin Canggih Internetan )Kehadiran aplikasi TCASH Wallet ini diharapkan dapat turut mendukung perkembangan bisnis TCASH, yang kini telah menjangkau lebih dari 20 juta pelanggan di 34 provinsi di Indonesia serta memproses rata-rata lebih dari 10 juta transaksi bulanan.Menurut Danu Wicaksana, CEO TCASH, pengembangan aplikasi terbaru ini bertujuan untuk memberikan pengalaman transaksi non-tunai yang lebih nyaman dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Saat ini, TCash menjadi perusahaan fintech pertama yang mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia untuk pengembangan dan penggunaan fitur Snap QR dan e-KYC dalam aplikasi.Saat ini, aplikasi TCASH baru bisa dipakai untuk sesama Telkomsel.

(BACA : Asus Zenfone 3 Deluxe Resmi Cicipi Oreo 8.0, Ini Perubahannya! )

Mereka berharap bisa segera mendapatkan ijin resmi dari Bank Indonesia, agar aplikasi TCASH ini bisa dipakai untuk semua operator, karena secara teknis dan layanan mereka sudah menyiapkannya.Aplikasi terbaru TCASH didesain mengusung filosofi “uniquely Indonesian” yang tercermin dari penggunaan tone warna merah putih, serta sentuhan personal di aplikasi menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari penggunaan fitur berbagi dana (P2P) antar pengguna TCASH, yang dilakukan dengan mencari kontak pengguna penerima dana, lalu memilih transaksi yang akan dilakukan. Pelanggan juga dapat menemukan 9 fitur utama pada halaman “home” aplikasi, yang akan mempercepat proses transaksi.

(BACA : Oppo F7 Belum Resmi Rilis di Indonesia, Toko Online Ini Sudah Jual Loh )

Artis Caca Tengker sedang mencoba QRCode TCash
way

Artis Caca Tengker sedang mencoba QRCode TCash

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur unggulan terbaru. 1. Fitur electronic-Know Your Customer (e-KYC), bagi pelanggan yang ingin melakukan upgrade akun TCASH mereka ke full service.e-KYC ini berupa teknologi video call untuk validasi tatap muka, yang merupakan syarat dari Bank Indonesia untuk menyelenggarakan layanan digital payment.Dengan Full Service, pelanggan bisa menikmati seluruh layanan secara menyeluruh termasuk dengan mudah berbagi dana (P2P), menerima, dan menarik tunai dana, serta menyimpan dana hingga maksimal Rp 10 juta.

(BACA : Reaksi Heboh Netizen Dengar Uber Resmi Dipinang Grab )\

Caranya, pelanggan cukup mengisi biodata, mengunggah foto KTP, dan melakukan video call dengan agen TCASH melalui aplikasi di ponsel. Fitur ini akan mulai tersedia dalam aplikasi TCASH Wallet terbaru mulai 1 April 2018.2. Fitur unggulan bayar beli apapun melalui ponsel. Dengan fitur ini, pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan (TV, internet, BPJS, PLN, PDAM, kartu Halo); pembelian voucher game online; serta pembelian pulsa dan data Telkomsel. Ke depannya, TCASH akan melengkapi layanan ini sehingga dapat menjadi one stop service untuk semua jenis pembayaran tagihan dan pembelian non-tunai di ponsel.

(BACA : Ini Sanksi Yang Bakal Didapat Infinix Zero 5 Jika Terbukti Langgar TKDN )3. Snap QR Code, agar pelanggan semakin mudah melakukan transaksi non-tunai. Hingga saat ini, layanan Scan QR Code sudah dapat digunakan di sekitar 5,000 outlet merchant TCASH, seperti Es Teler 77, Halal Guys, Kopi Tuku, dan ribuan outlet lainnya. Ke depannya, TCASH berkomitmen untuk memperluas penggunaan Scan QR Code ini di merchant lokal lainnya. Tak hanya itu, Snap QR Code ini juga akan dapat segera digunakan untuk pembelian tiket transportasi, seperti Bus Rapid Trans (BRT) di Semarang, serta beberapa moda transportasi lain yang saat ini sedang dalam proses pengembangan.

Lebih lanjut lagi, Danu juga menambahkan jika TCASH turut mendukung pemerintah dalam melakukan standardisasi QR Code.

“Saat ini, TCASH tergabung sebagai tim persiapan dan pengembangan QR Code terstandardisasi untuk perusahaan fintech dan perbankan di Indonesia.""Partisipasi ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung inisiatif GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) dari Bank Indonesia.”

(BACA : Cara Cerdas Manfaatkan Fingerprint Selain untuk Buka Lockscreen ) Selain pengembangan fitur-fitur unggulan, keamanan dan dan perlindungan konsumen juga menjadi prioritas utama dalam pengembangan aplikasi TCASH Wallet terbaru ini, melalui penggunaan PIN personal pelanggan dan one-time password (OTP) untuk transaksi, serta jaringan yang aman untuk memastikan perlindungan data pelanggan.Adanya aplikasi TCASH Wallet terbaru ini turut menguatkan strategi bisnis TCASH di masa mendatang, lewat pengembangan ekosistem keuangan digital yang lebih solid lagi.

Hal itu termasuk pemberdayaan pasar modern dan universitas; melengkapi kegunaan (use case) TCASH dan titik layanan (Cash in, Cash Out) sehingga semakin mudah dijangkau masyarakat.Berikutnya, TCASH juga menawarkan beragam produk finansial ke pelanggan, seperti asuransi dan pinjaman yang juga menjadi fokus utama layanan TCASH tahun ini.

(BACA : Spesifikasi Nokia 1, Hape Android Go yang Telah Resmi Rilis di India )“Untuk semakin memanjakan pelanggan, kami memberlakukan zero rate untuk penggunaan aplikasi ini, artinya pelanggan tidak perlu membayar biaya penggunaan data untuk seluruh penggunaan aplikasi ini.""Pelangan hanya perlu menggunakan data saat pertama kali mengunduh aplikasi, setelahnya tidak dipungut biaya apapun,” tutup Danu.

Editor : Wahyu Subyanto

Latest