Follow Us

Lego Worlds vs Minecraft, Siapa yang Bakal Menang?

Deliusno - Kamis, 11 Juni 2015 | 10:19
Kota ini bisa dibangun sendiri di Lego Worlds
Fortune

Kota ini bisa dibangun sendiri di Lego Worlds

Lego ingin menantang Minecraft melalui game terbarunya, Lego Worlds. Pertanyaan besarnya, sebagai "anak baru", bisakah Lego Worlds menyusul dominasi dari game yang sudah dirilis sejak tahun 2011 lalu itu?Minecraft sendiri merupakan game buatan studio game asal Swedia bernama Mojang. Game ini pertama kali dirilis pada 17 Mei 2009 untuk PC dalam versi alpha. Full game itu sudah bisa dinikmati pada 18 November 2011 dan berekspansi ke Android, iOS, hingga konsol.Hingga Oktober 2014, game itu sudah laku 60 juta copy di seluruh dunia.Sementara itu, Lego Worlds versi beta baru saja dirilis di toko game digital milik Valve, Steam. Meski usia di antara keduanya berbeda sangat jauh, Nextren sebenarnya yakin bahwa Lego Worlds dapat mengejar ketertinggalannya dan, mungkin, mengalahkan Minecraft suatu hari. Kok bisa?Persamaan antara Minecraft dengan Lego WorldsSebelum melangkah lebih jauh, mari kita bahas dulu kesamaan dari dua game tersebut sehingga pantas disandingkan bersama.Keduanya dapat dikatakan memiliki fundamental permainan yang sama. Kedua game tidak memiliki storyline atau jalan cerita sama sekali. Akan tetapi, kamu, sebagai pemain, diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi dunia ini. Yah, intinya sih versi digital dari kamu bisa masuk ke sebuah dunia virtual dan bebas melakukan kegiatan apa pun.Membangun rumah, mengembangkan kota, tinggal dalam gua, bercocok tanam, berburu, melawan hewan buas, melawan zombie, dan mengumpulkan sumber daya, merupakan sebagian kecil dari kegiatan itu.

Pemain Minecraft bisa membangun bangunan seperti gambar di atas ini
Mojang

Pemain Minecraft bisa membangun bangunan seperti gambar di atas ini

Apa yang membuat pemain begitu kecanduan dengan game seperti Minecraft dan, nantinya, Lego Worlds? Jawabannya adalah kreativitas. Karena pemain diberikan kebebasan untuk membangun apapun, kebanyakan pemain akhirnya berkreasi membangun rumah seindah mungkin, istana, bahkan ada yang sampai membuat gedung berdasarkan bangunan nyata di dunia.Memang fitur multiplayer belum hadir di Lego Worlds. Akan tetapi, jika sudah hadir, ia pasti akan memberikan kesenangan yang sama dengan Minecraft. Nantinya, pemain bisa mengunjungi dunia ciptaan pemain lain dan bercengkerama di sana.Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada duduk berdua atau bertiga secara virtual di seputaran Menara Eiffel atau Colloseum di dunia Minecraft milik teman, bukan?

Keunggulan Lego WorldsLantas, dengan gameplay yang sama, mengapa Nextren bisa sampai yakin Lego Worlds bakal memenangkan persaingan melawan Minecraft? Kamu yang penah membeli set Lego pasti pernah membayangkan masuk ke rumah yang dibangun dari brick-brik khas perusahaan asal Denmark ini. Rumah-rumah dari Lego biasanya memang dibangun sangat detail sehingga sangat menyenangkan berkhayal ada di rumah tersebut.Nah, Lego Worlds mampu mewujudkan impian tersebut! Ya, karakter kamu nantinya bisa membangun rumah sendiri dari brick digital dan bahkan Lego sudah menyiapkan template rumah untuk dibangun sendiri. Kamu pun dipastikan tidak akan kesulitan dalam membangun rumah tersebut. Cukup tekan template yang ingin dibangun, kemudian secara tiba-tiba kamu akan diberikan sebuah pistol ajaib. Jika ditembakkan, rumah tersebut akan secara otomatis dibangun! Kamu nantinya juga bisa bermain-main dalam rumah tersebut. Impian berubah menjadi kenyataan.Pemain pun nantinya bisa menunggangi beberapa hewan yang berkeliaran di dunia tersebut, seperti kuda, domba, hingga sapi. Bahkan, jika sudah menemukan naga, pemain juga bisa berjalan-jalan mengendarai sang hewan legenda itu!Pecinta Lego pun akan menemukan dunia yang sangat familiar. Semua karakter, baik itu manusia, hewan, bangunan, hingga kendaraan, didesain sama dengan mainan Lego.Hingga saat ini, permainan memang masih tidak jauh berbeda dari Minecraft. Pemain hanya diberikan kebebasan untuk menjelajahi dunia saja. Akan tetapi, game buatan TT Worlds masih memiliki banyak potensi untuk menjadi besar.Sebagai contoh, Lego memiliki banyak set yang berdasarkan game dan film terkenal. Sebut saja Lord of The Rings, Ghostbuster, The Simpsons, hingga Jurrasic Park. Bayangkan saja, jika Lego memasukkan set tersebut dalam game Lego Worlds. Tentunya, game ini akan semakin menyenangkan apabila kita bisa membangun rumah Simpsons, contohnya, di dunia Lego Worlds.Membayangkan adanya kendaraan-kendaraan khas Lego, seperti kereta api, kapal laut, hingga pesawat dari Lego Technics juga membuat permainan ini akan semakin menyenangkan ke depannya.Minecraft pun sebenarnya bisa melawan dengan menghadirkan berbagai modifikasi. Namun, dengan jumlah penggemar setia yang sudah begitu banyak di seluruh dunia, tidak mengherankan apabila pemain lebih memilih Lego Worlds.Bagaimana dengan pendapat kamu? Siapa yang kira-kira akan memenangkan kompetisi itu?

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

Latest